Minggu, 24 Februari 2019

MENGENAL UBUR UBUR SEBAGAI POTENSI PERIKANAN UNGULAN


                                       Hasil gambar untuk UBUR UBUR
Ubur Ubur adalah salah satu hewan laut yang sangat indah sekaligus berbahaya di dunia. Sebab, hewan yang termasuk dalam kelompok Cnidaria ini bisa mencideraimu hanya dengan bersentuhan ringan pada salah satu tentakelnya.
Sebab, di tentakel Ubur Ubur ada Nematocysts yaitu semacam alat khusus yang bisa melepaskan dengan cepat sebuah sengatan atau racun. Biasanya Ubur Ubur mengunakan Nematocysts untuk berburu mangsa sekaligus sebagai perlindungan dari predator lain.
Ubur-ubur adalah sejenis binatang laut tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Cnidaria, ubur-ubur yang dimaksud disini adalah hewan dari kelas Schypozoa, sehingga sering disebut ubur-ubur sejati agar tidak dibingungkan dengan hewan lain yang juga disebut ubur-ubur seperti: Ctenophora (ubur-ubur sisir) dan Cubozoa (ubur-ubur kotak). Sebagai anggota Cnidaria, mereka memiliki dua bentuk tubuh yaitu polip yang menempel di dasar laut dan medusa yang dapat berenang bebas dan berbentuk cangkir terbalik.
Umumnya mereka berukuran 2 sampai 40 cm, tapi ubur-ubur yang lebih besar bisa mencapai 1-2 meter, misalnya spesies terbesarnya Cyanea capillata atau lebih dikenal dengan Surai singa. Schypozoa dapat ditemukan di lautan di seluruh dunia, dari permukaan sampai laut dalam. Schypozoa tidak ditemukan di air tawar. Schypozoa memakan beragam makanan seperti Krustasea atau Ikan yang mereka buru menggunakan organel nematosista yang terdapat di tentakelnya. Nematosista sendiri adalah ciri khas filum Cnidaria, berupa sel berbentuk jarum yang berfungsi menusuk dan mengirim racun ke mangsanya.

Tercatat ada lebih 700 jenis Ubur Ubur yang tersebar di seluruh penjuru perairan dunia. Lantas, jenis Ubur Ubur apa saja yang tercantik di dunia? berikut ulasannya
1. Aequorea Victoria
Jenis Ubur Ubur
Aequorea Victoria atau kadang juga disebut crystal jellyfish adalah salah satu jenis Ubur Ubur transparan yang mendiami di perairan pantai barat Amerika Utara. Aequorea Victoria mempunyai protein yang disebut GFP yang bisa bersinar dalam gelap.
Protein ini sudah digunakan dalam ilmu pengetahuan dan percobaan ilmiah. Selain itu, protein ini juga berguna dalam mempelajari proses proses jaringan sel dalam mendapatkan solusi masalah kesehatan serius seperti Alzheimer.
2. Australian Box Jellyfish
Jenis Ubur Ubur
Australian Box Jellyfish adalah jenis Ubur Ubur transparan paling berbahaya di dunia. Sebab Ubur Ubur ini memiliki racun yang mematikan di tentakelnya, dimana racun tersebut bisa membunuh puluhan manusia dengan cepat.
Penampilannya juga cukup menyeramkan dengan tubuh transparan dan memiliki beberapa bola mata pada perutnya. Selain itu, gerekannya sangat cepat dan tidak mudah terdeteksi karena tubuhnya sangat transparan.
3. Bathykorus Bouilloni
Jenis Ubur Ubur
Bathykorus Bouilloni adalah jenis Ubur Ubur yang mendiami perairan di Kutub Utara. Tidak banyak informasi yang diketahui tentang Ubur Ubur ini, selain mereka pertama kali menemukannya sekitar sepuluh tahun yang lalu.
Banyak yang mengatakan bahwa Ubur Ubur mirip dengan karakter Darth Vader, selain itu karaktertistik lainnya yaitu mempunyai empat tentakel skunder dan primer, dimana tiap kuadrannya memiliki tiga kantong manubrial interradial.
4. Costa Rican Jellyfish
Jenis Ubur Ubur
Nama lain dari jenis Ubur Ubur ini adalah Stauromedusae, dimana nama tersebut sesuai dengan penampilannya yang aneh dengan bentuk tubuh seperti terompet dan berwarna merah muda kehitaman.
Costa Rican Jellyfish adalah salah satu Ubur Ubur yang unik, dimana mereka tidak memiliki pergantian “fase polip” dalam siklus hidupnya yang membuat sebagian dari mereka langsung ke bentuk dewasa.
Umumnya, Costa Rican Jellyfish dapat ditemukan diperairan negara Kosta Rika yang cenderung lumayan panas di kedalaman 8000 meter di bawah permukaan laut.
5. Flower Hat Jelly
Jenis Ubur Ubur
Flower Hat Jelly adalah salah satu jenis Ubur Ubur paling langka di dunia. Umumnya ukuran tubuhnya sangat kecil sekitar 6 inci saja dan sangat mencolok dengan warna bernuansa ungu dan orange.
Penampilan Ubur Ubur ini seperti topi bunga yang menyala, hal ini disebabkan, jika tentakelnya tidak digunakan maka akan menempel pada tubuhnya. Tapi dibalik kecantikannya ini, Ubur Ubur mempunyai sengatan yang menyakitkan tapi tidak mematikan.
Sengatan ini digunakannya untuk berburu mangsa seperti ikan kecil dengan cara menyuntikan racun dari sel-sel di tentakelnya. Umumnya, Flower Hat Jelly bisa ditemukan diperairan negara Brasil, Argentina, dan Jepang.
6. Moon Jellyfish
Jenis Ubur Ubur
Moon Jellyfish memiliki beberapa nama lain seperti Aurelia Aurita, Saucer Jelly atau Common Jelly. Hal ini dikarenakan jenis Ubur Ubur ini sangat mencolok dengan keindahan dan kecantikannya yang dimilikinya.
Moon Jellyfish adalah salah satu Ubur Ubur tercantik yang paling terkenal dengan gerakan berdenyutnya. Selain itu, Moon Jellyfish adalah salah satu Ubur Ubur berumur pendek, dimana mereka akan mati setelah beberapa bulan mereproduksi.
7. Nomura’s jellyfish
Jenis Ubur Ubur
Nama lain dari jenis Ubur Ubur ini yaitu Nomuras, dimana nama ini diambil dari nama Kan’ichi Nomura yaitu seorang yang sudah mendedikasikan dirinya dalam melakukan studi mendalam tentang Ubur Ubur ini.
Ukuran Nomura’s jellyfish jauh lebih besar dari ukuran manusia, kira-kira panjang sekitar 100 meter dan diameter sekitar 6 meter dengan berat sekitar 450 kilogram. Biasanya, Ubur-Ubur ini bisa ditemukan diperairan lepas pantai Jepang.
8. Black Sea Nette
Jenis Ubur Ubur
Sesuai dengan namanya, jenis Ubur Ubur ini mempunyai warna hitam pada bagian atas tubuhnya dan umumnya mereka ini bisa ditemukan di perairan Samudera Pasifik dengan ukurannya yang bisa mencapai sekitar 1 meter dan tentakelnya bisa mencapai sekitar 6 meter.
9. Pyllorhiza Punctata
Jenis Ubur Ubur
Pyllorhiza Punctata adalah salah satu jenis Ubur Ubur tercantik dengan warna yang eksotis. Ubur Ubur ini sering ditemukan terapung dipermukaan air di Samudera Pasifik dari semanjung Australia sampai ke negera Jepang.
Ukuran tubuh Ubur Ubur sekitar 50 cm dan sengatan tidak terlalu berbahaya, dimana sengatannya bisa disembuhkan dengan cuka saja.
10. Chrysaosa Colorata
Jenis Ubur Ubur
Nama lain dari jenis Ubur Ubur ini adalah Mauve Stingger, dimana umumnya Ubur Ubur ini banyak ditemukan diperairan laut California, Amerika Serikat, lebih tepatnya di teluk Monterey dan ukurannya sekitar 70 cm.
11. Cannonball Jellyfish
Jenis Ubur Ubur
Cannonball Jellyfish memiliki karakteristik bentuk yang cukup unik yaitu mirip sayur kubis dengan warna belang-belang kombinasi cokelat kehitam-hitaman dan umumnya ukuran tubuhnya hanya sekitar 25 inci.
Cannonball Jellyfish termasuk salah satu Ubur Ubur yang relatif jinak dan sengatannya tidak terlalu berbahaya bagi manusia dan Ubur Ubur ini sering terjebak dijaring nelayan.
12. Jelly Blubber
Jenis Ubur Ubur
Jelly Blubber memiliki warna putih susu dan umumnya bisa ditemukan di perairan bagian timur Australia, dimana tubuhnya bisa tumbuh sekitar 35 cm dengan sengatannya masuk kategori sedang, walaupun belum ada laporan luka fatal terhadap manusia
Nah, itulah beberapa jenis Ubur Ubur tercantik di dunia. Tapi harus tetap hati-hati bila bersentuhan dengan hewan yang satu, walaupun di artikel ini ditulis ada yang tidak berbahaya, tapi tetap saja mereka bisa melukaimu walaupun sedikit.

Sumber :
http://wowasiknya.com/jenis-ubur-ubur/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ubur-ubur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar