Rabu, 17 Oktober 2018

PEMBUATAN ABON IKAN


                                          Gambar terkait
  
                   Tidak hanya abon sapi, abon ikan juga tak kalah lezat dan bisa tersaji istimewa di meja makan rumah anda. Abon ini memiliki cita rasa yang gurih sehingga cocok anda sajikan sebagai pelengkap hidangan nasi. Sayangnya, mencari abon ikan di pasaran tidak semudah membeli abon sapi yang tersedia di mana saja. Tapi tidak perlu bingung karena sajian ini bisa dengan mudah anda buat sendiri. Dengan cara yang tepat, abon ikan akan bercitarasa lezat, kaya bumbu, bebas amis, dan kering. 

Cara Membuat Abon Ikan – Abon ikan adalah variasi olahan ikan yang sering dijumpai di pasar selain abon daging. Hampir sama dengan abon daging, abon ikan juga memiliki tekstur yang garing dan rasa yang gurih. Dan dalam bahasan kali ini, saya akan sajikan cara membuat abon ikan yang gurih dan tidak amis.


Olahan ikan bernama abon adalah produk yang memadukan beberapa proses seperti perebusan/pengukusan, penambahan bumbu-bumbu dan penggorengan. Abon ikan memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih, sangat cocok untuk lauk atau teman makan roti dan dijadikan isi makanan kecil.
Berbagai jenis ikan yang sering dijadikan bahan dasar abon ikan adalah ikan lele, ikan bandeng, ikan cakalang, ikan patin, ikan gabus, ikan patin, ikan cucut, dan ikan tuna. Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk membuat abon ikan agar hasilnya garing, gurih dan tidak amis mengingat bahan dasar abon ini adalah ikan bukan daging dengan bau amis yang kuat.

Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan
Banyak orang yang enggan untuk mengolah atau mengkonsumsi ikan karena tidak tahan dengan bau amisnya. Padahal ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, dengan demikian mengolah dan menyantap ikan bukanlah sebuah masalah.
Sungguh disayangkan jika ikan dengan kandungan protein tinggi dan memicu kecerdasan ini dihindari karena bau amisnya. Bukan hanya itu, kandungan selenium pada ikan juga berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh kita, rugi bukan jika tidak mau makan ikan.
Selain bau amis, repotnya makan ikan karena perlu memisahkan daging dari duri-duri juga penyebab lain orang malas mengonsumsi ikan. Nah olahan abon ikan akan cocok untuk anda karena abon ikan terbuat dari murni daging ikan.
 
Agar tidak amis, ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk menhilangkan bau amis tersebut, misalnya;
1. Menggunakan air jeruk dan garam dapur
Tentunya sebelum menggunakan dua jenis bahan ini, anda perlu mencuci ikan dengan teliti sehingga kotoran ikan baik di perut dan dibawah kepala benar-benar hilang, cucilah ikan dengan air mengalir.
Jika sudah bersih, lumuri ikan dengan garam lalu tambahkan air jeruk nipis/lemon. Takarannya, untuk 1 kg ikan laut dibutuhkan 3-4 sdm air jeruk dan untuk ikan air tawar 2 sdm ar jeruk. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci sampai bersih sebelum diolah. Bisa dilakukan beberapa kali jika pada proses pertama bau amis pada ikan masih tercium.
Garam berfungsi agar minyak ikan yang baunya amis dan menempel dapat keluar sedangkan air jeruk selain menghilangkan bau amis juga menurunkan kadar asin yang dikandung ikan serta menjaga kesegaran ikan saat dimasak.
2. Mentimun
Untuk ikan laut, penggunaan mentimun untuk menghilangkan bau amis akan lebih efektif. Parut mentimun lalu baluri ikan yang telah dicuci bersih dan diamkan selema 20 menit. Cuci lagi sebelum ikan dimasak.
3. Sabun anti bakteri
Sama seperti sebelumnya, ikan perlu dicuci sampai bersih. Setelah itu, cuci ulang menggunakan sabun anti bakteri. Fungsinya, sabun ini akan menjaga ikan tidak cepat busuk dan terlindung dari bakteri.
4. Daun serai dan asam jawa
Penggunaan dua bahan ini cukup mudah yaitu remas daun serai dan asam jawa lalu balurkan pada ikan dan didimkan selama 20 menit.
5. Asam jawa
Sama halnya dengan penggunaan cuka, setelah dicuci bersih, ikan terlebih dahulu direndam air asam jawa selama 30 menit sebelum dimasak dan dicuci ulang.
6. Jahe dan bawang putih
Ikan yang sudah bersih bisa direbus sebentar dengan potongan jahe atau cukup lumuri ikan dengan irisan jahe dan bawang lalu tunggu selama 15 menit.
7. Cuka
Setelah dicuci, ikan cukup direndam dengan air cuka selama 30 menit sebelum diolah. Cairan cuka akan menghilangkan bau amis selama masa tunggu sebelum ikan diolah.
8. Tepung terigu
Meski lebih dikenal sebagai bahan utama untuk kue, ternya tepung terigu dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya dengan melumuri ikan dengan tepung terigu dan dilakukan beberapa kali. Terdengar asing karena memang jarang digunakan karena dinilai boros dan mahal.
9. Gula pasir
Ini adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Diamkan ikan yang telah ditaburi gula pasir selama 30 menit lalu cuci bersih.

Cara Membuat Abon Ikan
Sebelum membahas tata cara membuat abon ikan gurih dan tidak amis, terlebih dahulu adalah memilih ikan yang bagus untuk dijadikan abon ikan. Ikan apa saja yang anda pilih untuk anda jadikan abon adalah ikan dengan usia kurang lebih 8 bulan ke atas dan berat kurang dari 7 ons.
Bahan-bahan dan Bumbu-bumbu:
  • 100 kg ikan
  • Ketumbar 0,3 kg
  • Bawang Merah 2 kg
  • Bawang Putih 1,6 kg
  • Garam 1,5 kg
  • Jahe 0,1 kg
  • Asam 0,9 kg
  • Laos 0,1 kg
  • Serai
  • Daun Salam
  • Gula 15 kg
  • Minyak Goreng
  • Santan Kelapa (opsional)
Langkah-langkah Membuat Abon Ikan
  1. Bersihkan ikan terlebih dahulu, buang isi perut dan cuci sampai bersih. Selanjutnya potong melintang untuk memudahkan pengukusan.
  2. Agar daging ikan mudah dipisahkan dari tulangnya, ikan perlu dikukus.
  3. Setelah matang, pisahkan daging ikan dari tulangnya lalu tumbuk/cabik-cabik sampai menjadi serpihan halus.
  4. Selanjutnya menyiapkan bumbu-bumbu, semua bumbu yang disiapkan ditumbuk lalu dicampurkan ke daging ikan sampai tercampur rata.
  5. Sipakan wajan besar, jika menggunakan santan, maka panaskan santan sampai keluar minyaknya lalu masukkan ikan yang telah dimbumbui tadi.
  6. Opsi kedua, tuang minyak goreng ke wajan, goreng daging ikan sampai kering dengan terus diaduk-aduk agar tidak gosong. Pastikan semua daging terendam minyak agar diperoleh abon ikan yang kering dan renyah.
  7. Tanda ikan telah matang adalah berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  8. Jika warna telah menunjukkan abon telah matang, angkat wajan dan masukkan abon ke dalam alat press untuk menekan minyak keluar sampai habis.
  9. Keluarkan abon dari alat press dengan garpu, tambahkan bawang goreng jika ingin abon lebih harum.
  10. Abon yang telah dingin bisa dikemas ke dalam kantong plastik, toples atau alat penyimpanan lain. Akan lebih awet dan tahan lama jika dibungkus dengan pembungkus hampa udara.
Sederhana dan mudah bukan? jika belum teralu yakin untuk mencoba membuat dalam jumlah banyak seperti resep diatas, anda bisa mencoba terlebih dahulu membuat abon lele dengan resep rumahan dibawah ini.



Sumber :



2.  https://resepkoki.id/


 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar