Kamis, 22 November 2018

MENGENAL IKAN PAUS : MAMALIA LAUT RAKSASA



                                            Hasil gambar untuk ikan paus
ikan paus adalah salah satu mamalia yang hidup dan mencari makan di lautan. sebutan ‘paus’ ini diperuntukkan bagi anggota catacea yang memiliki ukuran badan yang besar. kata paus sendiri lebih sering dikenal orang dengan ikan paus, padahal sebenarnya paus bukanlah berasal dari keluarga ikan, melainkan keluarga mamalia.
Paus atau lodan (khusus yang bergigi dan bukan berukuran kecil) adalah sekelompok mamalia yang hidup di lautan. Sebutan "paus" diberikan pada anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Paus bukan tergolong dalam keluarga ikan. Paus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
·         bernapas menggunakan paru-paru
·         mempunyai rambut (sedikit, kebanyakan ada di paus dewasa)
·         berdarah panas
·         mempunyai kelenjar susu
·         mempunyai jantung dengan empat ruang
jenis-jenis ikan paus
jenis paus yang dikenal sampai saat ini, ada dua kelompok, yaitu :
  1. odontoceti, paus yang memunyai gigi
  2. mysticeti, paus yang tak memiliki gigi.
tentunya jenis makanan masing-masing jenis paus ini juga berbeda-beda. paus jenis odontoceti pada umumnya memakan ikan, sotong, dan juga mamalia laut. berenang ke sana dan ke mari adalah salah satu kebiasan pasu odontoceti ini sambil mencari mangsa. paus odontoceti hanya mempunyai satu saja lubang untuk pernapasan.  untuk paus mysticeti yang tidak bergigi, mereka memiliki dua lubang pernapasan dan juga mempunyai ukuran badan yang lebih besar daripada paus odentoceti. paun jenis ini mempunyai struktur semacam balin atau sikat yang memiliki fungsi semacam sikat untuk menyaring plankton.

Paus purba berevolusi pada pertengahan tempo Eocene, kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Salah satu paus terawal yang telah punah adalah Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter.
Fosil menunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku, kemungkinan dari hewan seperti Mesonychid (hewan seperti serigalayang tinggal di pesisir pantai) yang berangsur-angsur kembali menghunii lautan sekitar 50 juta tahun yang lalu. Satu lagi kemungkinan hewan lain yang berubah menjadi paus, adalah Ambulocetus, mamalia seukuran anjing laut namun memiliki panjang 3 meter seberat 325 kilogram.
penyebaran ikan paus
paus merupakan salah satu dari penguasa lautan luas. penyebarannya juga meliputi seluruh lautan yang ada di bumi ini. penyebaran paus mendominasi seluruh lautan dari arktik sampai antartika. penyebaran beberapa paus terbesar diantaranya, paus biru berada di wilayah antartika, pasifik timur laut, dan samudra hindia. paus bowhead berada di kutub utara dan arktik. paus sirip berada di atlantik utara.
. Paus bergigi berkerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut. Paus tidak bergigi berukuran lebih besar daripada paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus berbalin mempunyai dua lubang pernapasan.
Jenis Jenis Ikan Paus
BOWHEAD WHALE/BALAENA MYSTICETUS
Bowhead Whale adalah paus baleen yang berasal dari keluarga Balaenidae. Paus hitam tanpa sirip dorsal ini memiliki ciri ciri sebagai berikut : beratnya mencapai 136 ton, dapat tumbuh hingga panjang 20 meter, habitatnya berada di perairan Antartika dan sub-Antartika, tidak bermigrasi untuk makan atau berkembang biak. Paus ini merupakan salah satu target perburuan. Populasi awalnya berkurang sebelum adanya memorandum di tahun 1966. Estimasi populasi saat ini (2012) sekitar 24.900, turun hampir separuhnya dari perkiraan awal sekitar 50.000.
NORTH ATLANTIC RIGHT WHALE,EUBALAENA GLACIALIS
The North Atlantic Right Whale (Eubalaena glacialis yang artinya “baik, atau benar, paus dari es”) termasuk paus baleen. Satu dari tiga spesies yang termasuk dalam keluarga Eubalaena. Paus ini memiliki ciri yaitu : hidup di lautan Atlantik, bermigrasi untuk mencari makan di teluk Maine, Georgia dan Florida, memiliki panjang 11-17 meter, memiliki berat 17 ton, dapat hidup sampai 50 tahun, dan lebih senang mengambang.
NORTH PACIFIC RIGHT WHALE, EUBALAENA JAPONICA
North Pacific Right Whale (Eubalaena japonica) adalah ikan paus baleen kuat yang umum di pasifik Utara hingga 1840, tetapi sekarang sangat langka karena penangkapan ikan paus abad ke-19 dan ke-20. Meskipun paus telah dilindungi dari penagkapan ikan paus sejak 1935, perburuan paus Soviet yang ilegal di tahun 1950-an dan 60-an menghabiskan jumlah mereka lebih lanjut. Uni Internasional untuk Konservasi Alam telah menyatakan keprihatinan bahwa nomor sekarang terlalu rendah untuk pemulihan, dan kepunahan yang mungkin tak terhindarkan. Menurut Pusat Keanekaragaman Hayati, E.Japonica adalah paus yang paling terancam di bumi.
SOUTHERN RIGHT WHALE, EUBALAENA AUSTRALIS
Southern Right Whale (Eubalaena autralis) adalah, salah satu dari tiga spesies yang diklasifikasikan dalam genus paus Eubalaena. Paus ini memiliki ciri – ciri yaitu : terdapat callosities di atas kepala, tidak memiliki sirip punggung, mulut melengkung panjang yang dimulai di atas mata, kulitnya berwarna abu-abu sangat gelap atau hitam, kadang – kadang dengan beberapa bercak putih pada perut, memiliki ukuran 18,5 meter, beratnya sekitar 130 ton, berat Testis-nya (biji) sekitar 500 kg. Sekitar 12.000 Paus Southern Right tersebar di seluruh b agian selatan belahan bumi selatan.
FIN WHALE, BALAENOPTERA PHYSALUS
Fin Whale (Balaenoptera physalus), yang juga disebut paus finback, yang suka banyak bekerja adalah mamalia laut yang termasuk subordo paus baleen. Ini adalah paus terbesar kedua dan binatang yang hidup terbesar kedua setelah paus biru. Paus ini memiliki ciri – ciri yaitu : dapat  tumbuh hampir 27 meter, panjang dan langsing, warna tubuhnya kecoklatan abu-abu dengan bagian bawah lebih pucat, makanannya terdiri dari ikan kecil, cumi-cumi, dan krustasea termasuk mysids dan krill. Sama seperti paus lainnya, paus ini juga menjadi target perburuan pada abad ke-20 sampai sekarang dan merupakan spesies terancam.  Pada tahun 1904 dan 1979 hampir 750.000 paus ini diambil dari belahan bumi selatan dan kurang dari 3.000 jumlah saat ini paus yang tinggal di daerah itu.
SEI WHALE, BALAENOPTERA BOREALIS
Paus Sei (dilafalkan / ser / atau / sar /), Balaenoptera borealis, adalah paus balin, roqual terbesar ketiga setelah paus biru dan paus sirip. Paus ini memiliki ciri – ciri sebagai berikut : mendiami sebagian besar samudra dan tengah laut, menghindari kutub dan perairan tropis dan semi-tertutup badan air, bermigrasi setiap tahun dari perairan dingin dan sub-kutub di musim panas untuk ke perairan hangat dan sub-tropis, memiliki panjang 20 meter, berat 45 ton, mengomsumsi rata – rata 900 kg makanan sehari-hari, terutama copepoda, krill, dan lainnya zoonplankton.
Nama paus ini berasal dari bahasa Norwegia untuk pollock, seekor ikan yang muncul di lepas pantai Norwegia pada waktu yang sama tahun sebagai Paus Sei. Paus Sei sekarang dilindungi secara internasional, walaupun perburuan teratas terjadi di bawah program penelitian kontroversial yang dilakukan oleh Islandia dan Jepang pada tahun 2006, populaasi di seluruh dunia kin sekitar 54.000, kira – kira seperlima populasi pra-perburuan paus.
BRYDE’S WHALE, BALAENOPTERA BRYDEI  
Balaenoptera brydei adalah spesies cetacea, mamalia laut, dalam kelompok kompleks yang dikenal sebagai Paus Bryde. Paus ini memiliki ciri – ciri yaitu : beratnya tidak lebih dari 25 ton, berada secara luas di seluruh perairan tropis dan sub-tropis, dengan spesies terpisah, dapat ditemukan di Pasifik Barat tropis dan Asia Tenggara. Paus ini dinamai atas nama dubes Norwegia untuk Afrika Selatan, Johan Bryde, yang membantu mendirikan stasiun perburuan paus pertama di Durban, Afrika Selatan pada tahun1908.
BLUE WHALE, BALAENOPTERA MUSCULUS
Paus Biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut yang termasuk dalam subordo paus baleen. Memiliki ciri – ciri yaitu : panjangnya mencapai 33 meter, berat 180 metrik ton (200 ton singkat) atau lebih berat. Merupakan binatang yang terbesar, panjang dan langsing, tubuhnya memiliki berbagai warna abu – abu kebiruan dan agak ringan bagian punggung bawah, makanannya  krustasea kecil yang dikenal sebagai krill. Paus Biru sangat berlimpah di hampir seluruh samudra hingga awal ke abad-20. Selama lebih dari 40 tahun, mereka diburu sampai mendekati kepunahan hingga dilindungi oleh komunitas internasional pada tahun 1966. Sebuah laporan tahun 2002 memperkirakan ada 5.000 sampai 12.000 paus biru di seluruh dunia, terletak sedikitnya lima kelompok.  Populasi terbesar berada di Antartika, dengan jumlah diperkirakan 239.000 (mencapai 202.000 hingga 311.000) Masih ada. Hanya jauh lebih kecil (sekitar 2000) konsentrasi di setiap Pasifik Utara-Timur, Antartika, dan Samudra Hindia. Ada dua kelompok lebih di Atlantik Utara dan setidaknya dua di Belahan Selatan.
MINKE WHALE, BALAENOPTERA ACUTOROSTRATA
Paus minke diberi nama resmi oleh Lacepède pada 1804, yang menggambarkan bentuk kurcaci dari Balaenoptera acuto-rostrata. Paus minke adalah paus baleen terkecil kedua.
Paus ini memiliki ciri – ciri yaitu : panjang maksimum paus perempuan 9,1 – 10,7 meter dan laki – laki 8,8 – 9,8 meter,  berat maksimum 14 ton, memiliki band putih pada sirip masing – masing, tubuhnya biasanya hitam atau abu – abu gelap di atas dan putih dibawahnya, memiliki 240 dan 360 piring balin di setiap sisi mulut mereka.
Paus minke bisa hidup selama 30 – 50 tahun, dalam beberapa kasus mereka bisa hidup sampai 60 tahun. Sebagian besar belakang termasuk sirip punggung balin dan blowholes, muncul sekaligus ketika paus ke permukaan untuk bernafas.
BALAENOPTERA OMURAI
Balaenoptera omurai adalah spesies paus tentang yang hampir tidak ada yang diketahui datanya.Gambaran ilmiah paus ini dibuat dalam edisi 20 November, 2003, oleh tiga ilmuwan Jepang Shiro Wada, Masayuki Oishi dan Tadasu K. Yamada. Ketiga ilmuwan menentukan keberadaan spesies dengan menganalisis morfologi dan DNA mitokondria dari sembilan individu-delapan tertangkap oleh kapal penelitian Jepang di akhir 1970-an di Indo-Pasifik dan spesimen yang dikumpulkan pada tahun 1998 lebih dari sebuah pulau kecil di Laut Jepang. B. omurai menyerupai Paus Sirip (Balaenoptera physalus) dalam penampilan eksternal, tetapi lebih kecil.Apakah klaim spesies baru akan diterima oleh komunitas yang lebih luas cetological masih harus dilihat. Bahkan para ilmuwan lain berhati-hati dalam tanggapan langsung mereka dengan pengumuman penemuan itu.. Dikutip di New York Times, Dr Howard C. Rosenbaum, ahli biologi konservasi dengan Wildlife Conservation Society, kata para peneliti Jepang telah melakukan “pekerjaan yang mengagumkan untuk setidaknya membuka pertanyaan, apakah ini merupakan spesies yang berbeda,” tapi menambahkan bahwa analisis DNA lebih perlu dilakukan. Julukan khusus memperingati cetologist Jepang Hideo Omura, sehingga nama umum untuk spesies diterima akan Omura’s Paus.
HUMPBACK WHALE, MEGAPTERA NOVAEANGLIAE
Ikan paus Humback (Megaptera novaeanglie) adalah paus baleen. Memiliki ciri – ciri yaitu : memiliki panjang 12 – 16 meter, berat sekitar 36 ton, memiliki bentuk tubuh dengan sirip dada sangat panjang dan kepala bertonjol.
Paus ini merupakan hewan akrobatik, sering bermain menampar air, paus pria menghasilkan lagu paus yang kompleks, yang berlangsung selama 10 – 20 menit dan diulang untuk berjam-jam, terdapat di samudera dan lautan di seluruh dunia, bermigrasi sepanjang 25.000 kilometer setiap tahun, pakan ikan paus humback hanya di musim panas, di perairan kutub, dan bermigrasi ke perairan tropis atau sub-tropis untuk berkembang biak dan melahirkan di musim dingin. Selama musim dingin, mereka hidup dari cadangan lemak mereka.
Seperti paus besar lainnya, paus ini juga merupakan sasaran bagi industri penangkapan paus diperkenalkan pada tahun 1966. Sejak sebagian pulih, namun tersangkut jaring alat tangkap, tabrakan dengan kapal, dan polusi suara juga tetap keprihatinan. Ada sedikitnya 80.000 paus bungkuk di seluruh dunia. Setelah diburu ke ambang kepunahan, ikan paus humback sekarang dicari oleh pengamat paus, terutama dari bagian Australia, Kanada dan USA.
SPERM WHALE, PHYSETER MACROCEPHALUS
Ikan paus sperma, Physeter  macrocephalus, adalah spesies mamalia laut, ordo Cetatcea.  Nama paus ini berasal dari zat lilin-putih susu, spermaceti, ditemukan di kepala binatang itu, karena kemiripannya dengan air mani. Ikan paus sperma adalah satu – satunya anggota genus Physeter. Ikan ini juga merupakan salah satu dari tiga spesies yang tersisa di superfamiliikan paus sperma. Memiliki ciri – ciri yaitu : dapat tumbuh 20,5 meter, memakan cumi – cumi dan ikan, menyelam sedalam 3 kilometer (9.800kaki), merupakan mamalia menyelam terdalam, makanannya termasuk cumi – cumi raksasa dan kolosa. Paus ini hidup dalam kelompok yang disebut polong. Polong dari perempuan dan muda mereka hidup terpisah dari laki-laki yang lebih tua. Secara historis, ikan paus sperma juga dikenal sebagai cachalot umum;”cachalot” berasal dari kata Perancis kuno untuk “gigi”.

Sumber :
3.      ttps://zhabeeautyme.wordpress.com/2015/07/15/ikan-paus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar