Sabtu, 15 September 2018

BUDIDAYA IKAN HIAS LEMON

                          
 
Ikan lemon fish adalah salah satu jenis ikan hias yang tergolong ikan kecil namun laris dipasaran karena memiliki warna yang indah yaitu warna kuning yang khas seperti buah melon. Ikan lemon ini berasal dari Afrika, namun ikan ini sudah ramai di pasaran Indonesia.
Dengan warna yang cerah, ikan ini cocok dipelihara di aquascape. Sehingga ikan ini banyak dicari oleh para pecinta aquascape. Hal tersebut, banyak dijadikan sebagai peluang usaha dengan cara membudidayakan ikan lemon fish ini. Budidaya ikan lemon fish ini tidak begitu, berikut ini cara budidaya ikan lemon:
Ikan Lemon termasuk jenis ikan hias yang bertubuh sedang dengan bentuk agak pipih dan memanjang. Warna tubuhnya hampir keseluruhan diselimuti oleh warna kuning keemasan mirip buah Lemon. Selain warna kuning terdapat juga warna hitam yang tampak di bagian sisi atas siripnya yang berpadu dengan warna kuning dan putih. Kepala ikan Lemon berbentuk sedikit agak memanjang di bagian atasnya dengan bagian bawah yang dekat mulut berbentuk datar. Sirip tergolong cukup mulai dari dua sirip utama di bagian bawah insang yang berukuran sedang. Dua sirip lainnya terlihat di bagian bawah perut dekat ekor yang berukuran agak lebar. Di bagian atas tubuhnya terdapat satu sirip yang tumbuh mulai dari punggung sampai mendekati ekor. Sedangkan ekornya pun berukuran agak lebar dan tidak panjang mirip seperti kipas.
Ciri lainnya yang perlu dikenali dari ikan hias yang bernama latin Neolamprologus Leleupi adalah matanya yang tampak besar dan bulat. Selain itu, mulut ikan Lemon juga berukuran cukup lebar dan mampu menelan banyak makanan. Dan juga, sifat ikan yang berwarna kuning terang ini terkenal cukup agresif kepada jenis ikan hias lainnya. Keagresifan ikan Lemon biasanya ditunjukkan dengan mengejar jenis ikan lain yang ada di dekatnya. Di samping itu, saat diberi makanan seringnya ikan Lemon saling berebut hingga tidak menyisakan makanannya.
Di habitat aslinya, ikan Lemon merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Benua Afrika tepatnya di danau Tangayika. Di habitat asalnya kondisi air tawar yang menjadi tempat hidup biasanya memiliki kadar pH antara 7 sampai 9.0. Selain itu, ikan Lemon memiliki daya tahan hidup yang tinggi atau tidak mudah mati saat berada di perairan tawar yang kondisi pH nya tidak sama dengan habitat aslinya. Karena itulah, banyak yang menyukai ikan Lemon untuk dijadikan ikan peliharaan dan membudidayakannya.
Bagi Anda yang tertarik dengan ikan Lemon dan ingin memeliharanya yang pertama diperhatikan adalah ruang akuariumnya sebaiknya berukuran sedang atau sedikit lebih besar. Hal ini dikarenakan sifat agresifnya yang mendorong ikan Lemon cukup aktif bergerak ke berbagai arah di dalam akuarium. Selain itu, perlu juga menyiapkan peralatan standar dalam pemeliharaan ikan hias mulai dari penyaring air, lampu, aerator, bebatuan kecil, ataupun karang buatan. Yang cukup penting diingat juga bahwa sebaiknya akuarium yang menjadi tempat tinggal ikan Lemon tidak bercampur dengan ikan lain. Tujuannya agar ikan Lemon tidak bersikap agresif dengan mengejar ikan hias lainnya yang berada satu akuarium bersamanya.

Cara Budidaya dan Ternak Ikan Lemon

ikan lemon ialah jenis ikan hias dari jenis labidochromis-caeruleus yang hidup di air tawar.
Pemilihan induk sangatlah penting karena akan menentukan hasilnya nanti. Pilihlah indukan yang berkualitas agar nantinya hasilnya juga berkualitas. Ciri-ciri ikan lemon berkualitas, salah satunya yaitu ikan lemon sudah berumur kurang lebih sekitar 7 bulan. Tapi sebelumnya, anda harus bisa membedakan ikan lemon jantan dan ikan lemon betina. Berikut cara membedakan ikan lemon jantan dan ikan lemon bertina.
Ciri-Ciri Ikan Lemon Jantan
  • Memiliki warna kuning yang lebih cerah
  • Memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang
  • Memiliki warna hitam pada sirip atas dan sirip bawah
  • Memiliki sirip perut yang lebih panjang
  • Memiliki ukuran kepala lebih besar
Ciri-Ciri Ikan Lemon Betina
  • Memiliki warna kuning yang lebih kusam
  • Memiliki sirip atas dan sirip bawah berwarna kuning
  • Memiliki ukuran kepala ikan lemon lebih kecil dibanding ikan jantan
  • Memiliki sirip perut lebih pendek dibandingkan ikan lemon jantan

Pemijahan ikan ini ditandai dengan proses kejar-kejaran antara ikan jantan dan ikan betina dan nantinya akan ada telur bertebaran di dasar akuarium. Ikan lemon akan menghasilkan benih ikan sebanyak 100 benih dan telur akan menetas setelah kurang lebih 4 hari.
Jika benih sudah menetas menjadi larva, indukan tidak perlu dipisahkan dengan burayak karena ikan ini tidak bersifat kanibal. Jika burayak sudah agak besar barulah pisahkan anakan tersebut dengan indukannya untuk proses pembesaran.
Ikan ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu ikan lemon dan ikan johani yang masih satu keluarga . ikan ini berelur setiap 3 bulan sekali cara mengeluarkan anakannya yaitu dengan cara di pencet pada bagian mulutnya sehingga terbuka ,
  1. menyiapkan kolam berukuran 6 m x 4 m
  2. menyiapkan bibit atau induk ikan lemon
  3. makanan sentrat
  4. menyiapkan kolam ukuran 3 m x 2 m untuk anakan  yang baru di pejah dari indukan
  5. menyiapkan cacing merah kecil kecil atau cacing lur sebagai makanan anak ikan
  6. siapkan lemon
usaha budidaya ikan ini bila lancar 1 bulan bisa panen sebanyak 5000 ikan , harga 1 ikan ini 700 rupiah 1 ekor , sebenarnya budidaya ikan ini cukup mudah namun yang perlu di waspadai ialah saat musim penghujan , musuh besar peternak ikan lemon ini ialah katak , apabila ikan memakan telur katak sudah di pastikan ikan akan mati atau mabuk , untuk mengantisipasi katak tersebut biasannya pinggir kolam di beri pagar dari terpal agar katak tidak bisa melompat ke dalam kolam.

Cara Merawat Ikan Lemon
Aquarium air tawar merupakan tempat yang sangat cocok untuk memanjakan ikan hias. Dengan menggunakan Aquarium, pecinta ikan dapat menikmati warna-warni dan gerak-gerik ikan yang dimiliki. Biasanya pecinta ikan mengisi Aquariumnya dengan berbagai macam ikan. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan keindahan di akurium air tawar yang dimiliki karena semakin lengkap koleksi ikan atau binatang air yang dimiliki maka semakin banyak warna dalam Aquarium dan akan menyerupai kehidupan air sesungguhnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
pecinta ikan dalam mengkombinasikan ikan dalam Aquarium air tawar. Antara lain, mengenali ukuran, jenis dan karakter ikan yang akan dikombinasikan dalam Aquarium tersebut. Hal ini disebabkan perbedaan ukuran ikan akan menyebabkan adanya ikan penguasa dalam Aquarium yang kita miliki yakni ikan besar akan memangsa ikan kecil. Selain itu, ada beberapa jenis ikan air tawar yang perlu diwaspadai karena memiliki karakter yang kurang baik seperti mengganggu bahkan membunuh jenis ikan lain. Ikan yang yang perlu diwaspadai antara lain ikan komet dan ikan lemon.

 Sumber :
http://ternakhe.blogspot.com/2015/10/cara-budidaya-dan-ternak-ikan-lemon.html

https://www.faunadanflora.com/panduan-lengkap-cara-budidaya-ikan-lemon-fish/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar