Senin, 17 September 2018

MANFAAT TANAMAN PEPAYA DAN SIRIH UNTUK LELE



      Gambar terkaitHasil gambar untuk manfaat daun pepaya untuk ikan leleHasil gambar untuk manfaat daun sirih untuk ikan lele

Salah satu penyakit yang sering menyebabkan kematian ikan lele dumbo adalah penyakit MAS (Motile Aeromonads Septicaemia) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Aeromonas hydrophila. Penyakit MAS dapat menyebabkan kematian benih ikan lele dumbo antara 80-100% dalam waktu yang relatif singkat . Pengendalian penyakit akibat bakteri Aeromonas hydrophila biasanya dilakukan dengan pencampuran pakan dengan antibiotik seperti chloramphenicol, terramycin atau oxytetracycline. Dosisnya sebanyak 5-7,5 gram/100 kg pakan. Selain itu, penanggulangan penyakit akibat bakteri Aeromonas hydrophila juga bisa dilakukan dengan menaburkan furaltadone sebanyak 50 ppm/jam . Namun, pemakaian antibiotik dapat menimbulkan resistensi bakteri Aeromonas hydrophila terhadap antibiotik tertentu. Penelitian tentang resistensi dari bakteri Aeromonas hydrophila terhadap antibiotik telah dilakukan. Sebanyak 80 galur dari bakteri Aeromonas hydrophila resisten terhadap antibiotik bacitracin dan ampicilin serta sensitif terhadap antibiotik chloramphenicol, neomycin, streptomycin, dan kombinasi trimethoprim dengan sulfamethoxazole .
Pengaruh lain dari penggunaan antibiotik ini dikhawatirkan akan menimbulkan residu dalam ikan dan membahayakan manusia yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu dibutuhkan obat alternatif yang aman digunakan, murah, dan tidak merugikan bagi pembudidaya dan konsumen ikan lele dumbo.

TANAMAN PEPAYA
Tanaman pepaya merupakan tanaman herbal yang populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya buahnya, daun pepaya muda juga dapat dibuat sebagai bahan berbagai ragam sayuran. Dalam pengobatan tradisional, bagian-bagian tanaman pepaya banyak yang dimanfaatkan. Dalam dunia perikanan, hasil penelitian dibuktikan bahwa potensi ekstrak daun pepaya dalam menghambat pertumbuhan cendawan pada perkembangan awal ikan gurame (Osphronemus gouramy).
Di dalam ekstrak daun pepaya terkandung enzim papain yang memiliki aktivitas proteolitik dan antimikroba, sedangkan alkaloid carpain berfungsi sebagai antibakteri . Selain itu terdapat pula tocophenol dan flavonoid yang memiliki daya antimikroba. Dalam penelitian ini diuji keefektifan ekstrak daun pepaya sebagai bahan antibakteri serta imunostimulan, sehingga diperoleh dosis yang tepat untuk pencegahan dan pengobatan ikan lele dumbo yang telah terinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila.
Salah satu tanaman yang mempunyai kegunaan sebagai pensetabil ph air kolam lele saat kolam kita diguyur hujan adalah POHON PEPAYA, pepaya ini mulai dari daun hingga pohonnya semuanya bisa kita gunakan sebagai penetralisir dengan cara memasukannya kedalam air kolam.
1.      Obat setres saat ikan sedang kepanasan atau saat ikan baru di beli dan di masukan dalam kolam pembenihan atau penebaran.
2.      Obat agar ikan bisa lebih santai dan slow dalam kolam. Caranya rajang halus daun pepaya trus sdikit di remas-remas, kalau sdh layu/lecek tebarkan ke kolam buat pakan ikan lele.
3.      Mengurangi sifat kanibalisme di antara sesama ikan lele. Caranya cincang lembut daun pepaya terus di beri sedikit tetes tebu/Molase lalu di aduk-aduk sampai rata, biarkan kurang lebih selama 15 menit, baru di kasihkan ke ikanya,
4.      Pakan alami sebagai Penambah daya Imunitas pada Lele. Caranya bisa di rajang atau langsung di lempar ke kolam
5.      Untuk sterilisasi air kolam dari penyakit. Caranya adalah ambil daun pepaya dan tangkainya secukupnya sesuai dengan luas kolam yang anda miliki, perbandinganya 1 gengggam untuk 1 mtr persegi, cincang/rajang daun pepaya kecil-kecil terus di tumbuk sampai halus trus di tebar ke kolam secara merata.
6.      Sterilisasi Kolam Terpal agar ikan tidak banyak yang mati saat penebaran benih dan pembesaran juga pemeliharaan. Caranya ambil daun pepaya terus tumbuk sampai halus kemudian campur degan air dan semprotkan ke seluruh permukaan daripada terpal atau campur dgn air kemudian di aduk-aduk diamkan selama 15 menit terus di saring dan di semprotkan ke seluruh permukaan terpal baru, biarkan ramuan kering Kurang lebih 5 hari kemudian bersihkan kolam dari kotoran daun pepaya bilas sampai bersih, kemudian kolam diisi air.
Selain pohon pepaya bila kita mau mengantisipasi menurunnya ph air kolam lele kita juga bisa menggunakan garam ikan atau bogol pisang, tetapi perlu diperhatikan jangan sampai menambahkan bogol pisang terlalu banyak karena dosis yang berlebih malah akan ber efek buruk.

DAUN SIRIH
Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah infeksi bakteri Aeromonas hydrophylla yang menyerang ikan lele adalah dengan perasan daun sirih (Piper betle) karena bahan ini terbukti mengandung bahan aktif fenol yang berupa carvacrol yang berfungsi sebagai bahan antiseptik dan antimikrobal. Sehingga dapat mencegah infeksi bakteri Aeromonas hydrophylla yang menyerang ikan lele.
Pada ikan lele, banyak fakta dilapangan menunjukkan adanya serangan penyakit Aeromoniasis yang disebabakan oleh bakteri Aeromonas, dan salah satunya adalah Aeromonas hydrophila yang menyebabkan penyakit pada ikan lele seperti penyakit yang dikenal sebagai "Hem-morhagic Septicemia", "Motile Aeromonas Septicemia", "Penyakit Liver", atau "Red-Sore Disease".
Ikan yang terinfeksi dengan Aeromonas hydrophila menunjukkan gejala klinis yang berbeda, seperti kematian mendadak pada ikan yang sehat, kelainan renang, insang pucat, dan luka pada kulit. Luka pada kulit dapat terjadi pada setiap sisik di ikan dan sering dikelilingi oleh pinggiran merah terang dari jaringan. Keberadaan penyakit ini sangat jelas merugikan bagi para pembudidaya dan peternak ikan khususnya ikan lele.

Klasifikasi Piper betle (Sirih).
1. Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
2. Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
3. Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
4. Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
5. Kelas: Magnoliopsida
(berkeping dua / dikotil)
 6. Sub Kelas: Magnoliidae
7. Ordo: Piperales
8. Famili: Piperaceae (suku sirih-sirihan)
9. Genus: Piper
10. Spesies: Piper betle L.
Nama umum
1. Indonesia:    Sirih
2. Pilipina:    Ikmo

Deskripsi Piper betle (Sirih).
1. Perawakan : Memanjat, berakar
2. Batang : Beruas nyata
3. Akar : Melekat pipih
4. Daun Tunggal, bertangkai
5. Bungan : Majemuk untai
6. Buah : Ujung bebas, gundul


Kandungan daun sirih
Kandungan bahan alami didalam daun sirih yaitu: Eugenol, Metil eugenol, Karvakral, Kavikal, Alil katekal, Kalribetol, Sineol, Estragol, Karoten, Tiamin, Riboflavin, Asam nikotinat, Vitamin C, Tanin, Gula, Pati, dan Asam amino.
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Daun sirih bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai estisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.
Khasiat daun sirih
Daun sirih mempunyai khasiat sebagai bahan Astringen, Ekspektoran, Sialagoga, Hemostatik, Antiseptik.
Khasiat daun sirih bagi manusia sangatlah beragam, tetapi dalam hal ini, beberapa kandungan dalam daun sirih juga dipercaya berkhasiat untuk pengobatan pada jenis ikan air tawar, salah satunya adalah ikan lele, dimana kandungan di dalam daun sirih ini terdapat fenol, yakni betelphenol dan chavicol yang mempunyai fungsi sebagai antiseptik, dan dengan adanya kandungan zat aktif berupa antiseptik dalam daun sirih dapat dimanfaatkan untuk menghambat serta membunuh mikroorganisme layaknya bakteri. Untuk Aeromonas Hydrophila dosis perasan daun sirih yang diberikan adalah 20gr/60ml . Konsentrasi minimum minyak daun sirih sebagai inhibitor Aeromonas adalah 25 MIC/L ml-1 ,
Karakteristik bakteri Aeromonas hydrophila
Aeromonas hydrophila merupakan salah satu spesies bakteri yang terdapat di semua lingkungan air tawar dan air asin. Beberapa strain A. hydrophila dapat menyebabkan penyakit pada ikan, amfibi, dan manusia. Infeksi dapat terjadi melalui luka terbuka atau karena mengkonsumsi makanan atau air yang mengandung mikroba tersebut dalam jumlah tertentu.
Tidak banyak yang diketahui mengenai Aeromonas spp. yang lain, tetapi yang pasti mikroba ini merupakan mikroba perairan dan dapat menyebabkan penyakit pada ikan, termasuk ikan lele.
Sumber :
1.      https://www .lelesangkuriang217.blogspot.com
3.      https://manfaatdaundaun.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar